Kalimat di atas bukan hanya doa pembuka untuk tulisan ini tapi juga sekaligus judulnya. Karena ni adalah postingan pertama di blog ini, jadi doa di atas sekaligus merupakan doa pembuka untuk seluruh tulisan-tulisan setelah ini –Insyaallah jika ada–.

Ada beberapa alasan kenapa kalimat basmala yang menjadi judul tulisan ini. Petama, ada ungkapan yang terkenal dalam tradisi kita yaitu “Mulailah sesuatu yang baik dengan basmala”. Atas alasan inilah blog ini saya buka dengan ucapan بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم.

Kedua, berkenaan dengan alasan pertama saya berharap mendapatkan keberkahan atas apa yang saya mulai ini sekaligus berharap bahwa yang saya mulai ini adalah sesuatu yang baik dan bermanfaat. Tanpa penjelasan lebih lanjut saya yakin alasan ini dapat dipahami dengan baik karena ini adalah harapan saya yang sederhana dan jujur.

Selanjutnya dan yang terpenting adalah, doa merupakan ungkapan kelemahan seorang hamba pada Tuhannya. Sekeras apapun sesorang, sebatu apapun dia, adakalanya berada pada titik-titik lemahnya. Ketika itulah doa memerankan tugasnya. Saya berharap tulisan tidak menjadi postingan satu-satunya. Kasihan sekali kalau postingan itu berdiri sendirian di sana tanpa kawan.

Benar sekali bahwa otak seseorang adalah musuh terbesar dirinya sendiri. Jadi dengan ucapan basmala saya bertekad bahwa tulisan ini akan menjadi awal dari sejuta tulisan saya selanjutnya. Insyaallah kita masih akan berjumpa di tulisan-tulisan saya selanjutnya. Amiin.

Advertisements