Tags

, ,

Untuk yang baru masuk dunia pem-framework-an sering kali menganggap install Yii itu sangat ribet. Sebenarnya bukan install Yii-nya yang ribet. Tetapi pre instalasinya yang bikin gerah. Sebelum install Yii, kita lebih dahulu harus install composer, instal git, install ini itu dan lain-lain. Belum lagi kita juga harus punya akun atau token dari github. Saya sepakat memang ribet. Sayangnya ini juga berlaku buat framework yang lain.
Walau jarang sekali dibahas, ada alternatif lain cara install Yii2 yang lebih simpel. Yaitu install dari archive/zip. Ini mirip dengan cara yang dipakai di Yii1. Kita hanya perlu download, extract kemudian jalankan.

OK, bagaimana caranya?

Pertama, download file yang diperlukan dari sini. Masuk ke section Install from an Archive File. Di sana ada 2 pilihan aplikasi yang bisa didownload yaitu basic dan advanced template. Pilih salah satu. Jika ingin tahu bedanya basic dan advanced, silakan baca di sini.

Selanjutnya, ekstrak file yang sudah didownload ke folder yang bisa diakses oleh web (di bawah folder htdocs kalau pake xampp atau lampp). Untuk yang menggunakan OS windows, mungkin perlu akses sebagai administrator waktu mengekstraknya.

Berikutnya adalah pengaturan aplikasi sebelum bisa dipakai. Ada sedikit perbedaan perlakuan antara basic dan advanced template.
Untuk basic template. Masuk ke file basic/config/web.php. Isi value cookieValidationKey dengan nilai tertentu. Setelah itu jalankan aplikasi dari browser dengan url http://localhost/basic/web/index.php.

Sedangkan advanced template, pengaturannya dilakukan lewat terminal atau cmd. Dari cmd, masuk ke folder hasil ekstrak, kemudian jalankan

# php init

Setelah itu buka file common/config/main-local.php, ubah setingan database sesuai yang diinginkan. Berikutnya adalah melakukan migrasi database

php yii migrate

Jika sudah, jalan aplikasi dari browser dengan url http://localhost/advanced/frontend/web/index.php atau http://localhost/advanced/backend/web/index.php.

Good luck 😀

Advertisements