Tags

,

Bismillahirahmanirrahim.
Sekali-kali sharing tentang matematika. Bosen nulis tentang Yii2 terus :D.
Pertanyaannya sederhana tapi bisa membungkam beberapa orang yang hasad. Pertanyaannya adalah “Ada seorang laki-laki wafat meninggalkan 600 dirham. Saudara perempuannya hanya memperoleh satu dirham saja dari harta peninggalan tersebut. Siapa sajakah ahli warisnya?”

Persoalan ini bisa diselesaikan dengan mengeliminasi beberapa kemungkinan.
Karena saudara perempuan memperoleh bagian pusaka, maka bisa dipastikan laki-laki tersebut tidak meninggalkan ahli waris anak laki-laki dan/atau bapak. Tanpa saudara laki-laki, maka saudara perempuan memperoleh bagian 1/2 atau bersama-sama dengan anak perempuan mendapat bagian 2/3. Bersama-sama dengan saudara laki-laki saudara perempuan akan menjadi ashobah.

Ahli waris yang akan tetap memperoleh bagian jika ada saudara laki-laki adalah ibu dengan bagian 1/6 yaitu 100 dirham, 2 anak perempuan dengan bagian 2/3 bagian yaitu 400 dirham dan istri dengan bagian 1/8 yaitu 75 dirham. Sisa pusaka yang belum dibagi adalah 600 – (100 + 400 + 75) sama dengan 25 dirham. Sisa 25 dirham ini adalah milik ashobah yaitu saudara laki-laki dan saudara perempuan. Satu dirham adalah jatah untuk saudara perempuan sebagaimana dalam soal maka sisanya adalah 24 dirham. Bagian untuk saudara laki-laki adalah 2 kali bagian saudara perempuan artinya 1 saudara laki-laki memperoleh 2 dirham. Karena masih ada 24 dirham yang harus dibagi artinya saudara laki-laki dari yang wafat tersebut ada sebanyak 12 orang.

Kesimpulannya, ahli waris dari yang meninggal adalah ibu, istri, 2 anak perempuan, 12 saudara laki-laki dan 1 saudara perempuan. Semoga ane tidak salah :D. Sumber Kisah Imam Syafi’i

Advertisements